Sistem Pernapasan pada Manusia beserta Nama Organ dan Fungsinya

Sistem Pernapasan pada Manusia beserta Nama Organ Alat Pernapasan Manusia dan Fungsinya_Salah satu ciri makhluk hidup adalah bernapas. Bernapas memerlukan oksigen dan mengeluarkan karbondioksida dan uap air. Udara masuk paru-paru dan keluar lagi melalui saluran pernapasan. Alat-alat pernapasan berfungsi memasukkan udara yang mengandung oksigen dan mengeluarkan udara yang mengandung karbondioksida dan uap air. Tujuan proses pernapasan yaitu untuk memperoleh energi, pada peristiwa bernapas terjadi pelepasan energi. Adapun saluran pernapasan manusia dan fungsinya sebagai berikut.
Sistem Pernapasan pada Manusia beserta Nama Organ dan Fungsinya


1. Rongga Hidung
Rongga Hidung
Udara masuk ke paru-paru melalui rongga hidung. Di dalam rongga hidung terdapat rambut-rambut halus dan selaput lendir. Rambut-rambut halus dan selaput lendir berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke dalam rongga hidung.. Jika udara bercampur debu akan disaring oleh rambut hidung. Dengan demikian, udara yang masuk ke dalam paru-paru benar-benar udara bersih. Rongga hidung juga berfungsi untuk menghangatkan dan mengatur kelembapan udara yang masuk ke paru-paru.

2. Faring
Faring
Faring (tekak) merupakan persimpangan antara kerongkongan dan tenggorokan

3. Laring
Laring adalah pangkal tenggorokan, di dalamnya terdapat pita suara dan beberapa otot yang mengatur ketegangan pita suara sehingga timbul bunyi. Laring berfungsi untuk menyalurkan udara dari faring ke trakea/batang tenggorok.

4. Batang Tenggorok/Trakea

Batang tenggorok (trakea) terletak di sebelah depan kerongkongan. Trakea berupa pipa yang dindingnya terdiri dari 3 lapisan yaitu lapisan luar, lapisan tengah, dan lapisan dalam.

Batang tenggorok termasuk saluran pernapasan. Batang tenggorok tersusun dari tulang-tulang rawan berbentuk cincin. Batang tenggorok bercabang menjadi dua. Satu cabang menuju paru-paru kanan. Adapun cabang yang lain menuju paru-paru kiri. Cabang tenggorokan disebut bronkus.

5. Bronkus dan Bronkiolus
Bronkus merupakan percabangan trakea yang menuju paru-paru kanan dan kiri.sedangkan bronkiolus adalah percabangan dari bronkus yang salurannya lebih halus dan dindingnya lebih tipis.

Setiap bronkus bercabang menjadi beberapa cabang yang lebih kecil. Cabang bronkus disebut bronkiolus. Setiap ujung bronkiolus terdapat gelembung gelembung halus yang disebut alveolus.

Alveolus mempunyai dinding yang sangat tipis. Alveolus banyak mengandung kapiler-kapiler darah. Di dalam alveolus terjadi pertukaran gas. Gas oksigen dari udara masuk ke dalam darah. Adapun gas karbon dioksida dari dalam darah dikeluarkan ke udara. Keluar masuknya udara disebabkan adanya pernapasan dada dan pernapasan perut. Pernapasan dada dikerjakan oleh otot-otot antartulang rusuk. Adapun pernapasan perut dikerjakan oleh otot-otot diafragma. Pernapasan dada dan pernapasan perut terjadi bersama-sama.

6. Paru-paru

Organ utama pernapasan manusia adalah paru-paru. Paruparu manusia berjumlah dua. Paru-paru manusia berwarna kemerah-merahan. Paru-paru manusia terletak di atas sekat rongga dada atau diafragma. Satu paru-paru kanan terdiri atas tiga gelambir, yaitu gelambir atas, tengah, dan bawah. Adapun paru-paru kiri terdiri atas dua gelambir, yaitu gelambir atas dan gelambir bawah. Paru-paru dibungkus selaput yang disebut pleura.

Artikel terkait, baca Macam-Macam Gangguan/Penyakit pada Sistem Pernapasan Manusia

Demikian tentang Alat Organ Sistem Pernapasan pada manusia dan Fungsinya beserta Gambarnya. Semoga bermanfaat.
 
Back To Top