Kelainan dan Penyakit pada Mata serta Penyebab dan Cara Mencegahnya

Kelainan dan Penyakit pada Mata serta Penyebab dan Cara Mencegahnya_Mata manusia juga dapat terganggu karena berbagai sebab. Kelainan dan penyakit pada mata adalah sebagai berikut.
Kelainan dan Penyakit pada Mata serta Penyebab dan Cara Mencegahnya
1. Rabun dekat (Hipermetropi)
Rabun dekat adalah ketidakmampuan melihat benda yang terlalu dekat. Hal ini karena bayangan benda jatuh di belakang retina. Penderita kelainan ini menggunakan kacamata berlensa cembung atau positif (+).

2. Rabun jauh (Miopi)
Rabun jauh adalah ketidakmampuan melihat benda yang terlalu jauh. Hal ini karena bayangan benda jatuh di depan retina. Penderita kelainan ini dianjurkan menggunakan kacamata berlensa cekung atau negatif (–).

3. Rabun senja (Hemaralopia)
Penderita tidak mampu melihat benda dengan jelas saat senja. Kelainan ini disebabkan kekurangan vitamin A. Meskipun bersifat sementara, penyakit ini perlu diwaspadai. Hal ini karena rabun senja dapat menyebabkan kebutaan.

4. Buta warna
Buta warna merupakan ketidakmampuan mata melihat warna tertentu. Ada dua macam kelainan buta warna. Buta warna sebagian dan buta warna total. Penyakit ini biasanya disebabkan dari faktor keturunan. Artinya, jika orangtua menderita buta warna, anak pun berisiko mengalaminya. Umumnya, buta warna banyak diderita oleh laki-laki. Penderita buta warna sebagian tidak dapat membedakan warna-warna tertentu. Misalnya, tidak dapat membedakan warna merah dengan hijau. Sementara buta warna total hanya dapat membedakan hitam dan putih.

Cara Pencegahan:
a. Perbanyak konsumsi vitamin A. 
Vitamin A sangat baik bagi kesehatan mata. Wortel merupakan sayuran yang banyak mengandung vitamin A.
b. Jangan menatap sinar matahari secara langsung.
c. Jaga agar kotoran tidak masuk ke mata.
Jangan mengucek mata jika ada kotoran masuk ke mata. Segera berikan obat tetes pada matamu. Hal ini untuk mendorong kotoran keluar dari mata.
d. Jangan membaca ketika berbaring.
e. Gunakan cahaya yang cukup saat membaca.
f. Jika mata mengalami gangguan, segera periksa ke dokter mata.

 
Back To Top