Ciri-Ciri Khusus Cicak dan Fungsinya

Ciri-Ciri Khusus Hewan Cicak dan Fungsinya_Cicak merupakan reptilia (hewan melata) yang hidup di pohon atau di rumah. Cicak dapat merayap di dinding atau langit-langit rumah tanpa jatuh. Seolah-olah badan dan kakinya menempel pada dinding atau langit-langit. Lidah cicak panjang sehingga dapat digunakan untuk menangkap mangsanya. Makanan cecak ialah serangga, seperti nyamuk dan laron. Nyamuk merupakan serangga yang dapat terbang, sedangkan cicak tidak dapat terbang. Bagaimana cicak dapat menangkap nyamuk? Ternyata, cicak memiliki ciri khusus, sehingga cicak dapat bertahan hidup di lingkungannya. Apakah ciri khusus yang dimiliki oleh cicak?
Ciri-Ciri Khusus Cicak dan Fungsinya

Ciri-Ciri Khusus Cicak dan Fungsinya:

  1. Memiliki kemampuan Autotomi (memutuskan ekornya) yang berfungsi untuk mengelabui mangsa/ melindungi diri dari musuh. Cicak akan memutuskan ekornya untuk melindungi diri dari pemangsanya. Untuk mengelabui pemangsanya, cicak akan melepaskan ekor dari tubuhnya saat tertangkap. Selanjutnya, cicak dapat berlari menghindar dari pemangsanya. Bagian ekor yang putus tersebut akan tumbuh lagi setelah beberapa minggu.
  2. Lidah panjang dan lengket berfungsi untuk menangkap mangsa (serangga/nyamuk). Setelah cukup dekat dengan serangga yang akan dimangsanya, dengan cepat, cicak menangkap serangga dengan cara menjulurkan lidahnya.
  3. Telapak kaki lengket dan beralur berfungsi memudahkan cicak berjalan/merayap di dinding, atap, pohon. Pada telapak kaki cicak ada bagian menonjol yang berbentuk garis beralur. Bagian itu berfungsi sebagai alat pelekat sehingga cicak dapat merayap untuk mendekati serangga yang sedang hinggap di dinding, langit-langit, atau di pohon.

Demikian Ciri Khusus Hewan Cicak dan Fungsinya. Semoga bermanfaat.
 
Back To Top