Bagian-Bagian Mata dan Fungsinya Lengkap

Bagian-Bagian Organ Mata dan Fungsinya Lengkap_Mata merupakan indra penglihatan. Mata manusia berbentuk bulat sehingga disebut bola mata. Mata tersusun dari beberapa bagian. Bagian mata terdiri atas bagian-bagian luar yakni bagian yang bisa terlihat dan bagian dalam yakni bagian yang tidak bisa terlihat.
Bagian-Bagian Mata dan Fungsinya Lengkap

Bagian-Bagian Mata dan Fungsinya:

1. Alis
Alis merupakan rambut halus yang berada di atas mata. Alis berfungsi melindungi mata dari keringat. Hal ini membuat keringat dari dahi tidak masuk ke mata.

2. Pelupuk/kelopak mata
Pelupuk mata melindungi bola mata dari benda-benda asing. Pelupuk menghalangi debu, asap, dan kotoran masuk ke mata.

3. Bulu mata
Bulu mata merupakan rambut yang terletak di pelupuk mata. Bulu mata berfungsi mengurangi cahaya yang masuk ke mata. Selain itu, bulu mata juga melindungi mata dari benda-benda asing.

4. Kelenjar air mata
Kelenjar air mata sangat penting bagi mata kita. Tanpa kelenjar ini, mata kita tidak berfungsi secara normal. Kelenjar ini memproduksi air mata untuk membasahi kornea. Akibatnya, mata kita tidak kekeringan atau sakit. Kelenjar mata juga berfungsi sebagai penghasil cairan pelumas. Mata harus dilumasi agar mudah digerakkan.

5. Otot mata
Bola mata dapat bergerak karena adanya otot mata. Mata dapat digerakkan ke kanan dan ke kiri. Mata juga dapat digerakkan ke atas dan ke bawah.

6. Sklera
Bagian putih disebut sklera. Sklera merupakan jaringan ikat yang kuat, namun elastis. Sklera berfungsi untuk melindungi bola mata.

7. Bola Mata
Bagian mata yang terpenting adalah bola mata. Bola mata membuat kita dapat melihat. Berikut adalah bagian-bagian bola mata dari luar ke dalam.
Bagian-Bagian Bola Mata dan Fungsinya

Bagian-Bagian Bola Mata:

a. Kornea mata
Pada bagian depan iris dan pupil terdapat kornea, kornea terletak di bagian paling luar. Kornea mata berfungsi untuk meneruskan, memfokuskan, dan mengatur cahaya masuk ke retina. Kornea merupakan bagian yang bening dan transparan.

b. Iris ( selaput pelangi )
Bagian mata yang berwarna disebut iris. Iris tersusun atas jaringan yang kaya pembuluh darah. Iris terletak di belakang kornea. Sebagian besar iris penduduk Indonesia adalah cokelat
kehitaman. Di bagian tengah terdapat bulatan berwarna hitam yang dinamakan pupil.

c. Pupil
Pupil adalah lubang bundar berupa titik yang merupakan pintu masuk cahaya. Pupil terletak di tengahtengah iris. Pupil akan mengecil jika berada di tempat terang karena otot-otot pada iris mengerut. Otot-otot pada iris yang mengerut menyebabkan pupil mengecil. Hal ini terjadi Ini diperlukan untuk mengurangi jumlah cahaya yang terlalu banyak masuk ke mata. Cahaya
yang diterima pupil akan masuk ke retina. Pupil membesar jika berada di tempat gelap.

d. Lensa Mata
Lensa berfungsi membentuk bayangan benda yang dilihat atau memfokuskan dan meneruskan cahaya yang jatuh di retina. Tujuannya untuk membentuk bayangan dari benda yang dilihat. Lensa terletak di belakang iris. Untuk memfokuskan cahaya, lensa memiliki daya akomodasi. Daya akomodasi adalah kemampuan lensa untuk mencembung dan memipih.

e. Retina (selaput jala)
Retina merupakan kumpulan saraf pada mata. Retina terletak pada bagian paling belakang bola mata. Pada retina terdapat ujung-ujung saraf penerima rangsang cahaya. Ujung-ujung saraf ini disebut fotoreseptor. Fotoreseptor memiliki dua jenis sel. Ada sel berbentuk seperti batang dan kerucut. Retina berfungsi menerima cahaya dari bagian-bagian mata di depannya.

f. Saraf mata
Saraf mata akan meneruskan rangsang cahaya ke saraf pusat (otak). Oleh karena itu, kita dapat melihat benda-benda di sekitar kita.

 
Back To Top