Bagian-Bagian Bunga dan Fungsinya Lengkap

Bagian Bunga dan Fungsinya_Bunga adalah alat perkembangbiakan pada tumbuhan. Bunga merupakan bagian tumbuhan yang akan menjadi buah.

Bagian-bagian bunga antara lain sebagai berikut.
Bagian-Bagian Bunga dan Fungsinya
1. Kelopak bunga
Kelopak bunga merupakan bagian yang membungkus mahkota sebelum mekar. Kelopak bunga berfungsi melindungi bunga sewaktu masih kuncup. Pada umumnya, kelopak bunga berwarna hijau.

2. Mahkota
Bentuk dan warna mahkota sangat menentukan keindahan bunga. Umumnya, mahkota merupakan bagian bunga yang berwarna-warni dan indah. Keindahan mahkota bunga membuat kumbang tertarik untuk mengisap madu bunga. Ada juga tanaman yang mahkotanya tidak berwarna. Misalnya, bunga rumput dan kelapa.

3. Benang sari
Benang sari merupakan alat kelamin jantan. Benang sari terletak di bagian tengah bunga.

4. Putik
Putik terletak di bagian tengah bunga. Ukuran putik lebih besar daripada ukuran benang sari. Putik merupakan alat kelamin betina.

5. Tangkai bunga
Tangkai bunga berfungsi sebagai tempat duduknya bunga. Tangkai bunga menghubungkan bunga dengan batang.

Menurut kelengkapan alat kelaminnya, bunga dibedakan menjadi dua. Ada bunga sempurna dan bunga tidak sempurna. Bunga sempurna memiliki alat kelamin jantan dan betina. Sebaliknya, bunga tidak sempurna hanya memiliki benang sari atau putik. Bunga yang hanya memiliki benang sari disebut bunga jantan. Bunga yang hanya memiliki putik disebut bunga betina.

Bunga yang memiliki benang sari dan putik disebut bunga hermafrodit (banci). Tumbuhan yang menghasilkan bunga jantan dan betina disebut tumbuhan berumah satu. Tumbuhan yang hanya menghasilkan salah satunya disebut tumbuhan berumah dua. Penyerbukan terjadi jika benang sari jatuh di kepala putik.
 
Back To Top