Ilmu Pengetahuan Alam

IPA SD/SMP/SMA/Umum. www.ilmupengetahuanalam.com

1/28/2016

Ciri Khusus Hewan Kucing dan Fungsinya

Ciri Khusus Hewan Kucing dan Fungsinya- Kucing merupakan salah satu jenis binatang yang sangat mudah untuk dijinakkan seperti halnya anjing dan hewan piaraan yang lain. Jadi tanpa berniat memelihara kucing , kadang ada kucing yang entah datangnya dari mana tiba-tiba menjadikan rumah kita sebagai rumahnya juga.

Ciri Khusus Hewan Kucing dan Fungsinya
Kucing Piaraan/Kucing Rumah

Berdasarkan warna bulunya, ada berbagai jenis kucing di antaranya kucing berbulu abu-abu dengan kombinasi warna putih, berbulu hitam lekat, berbulu kuning ( kembang asem ), dan masih banyak lagi. Jika berdasarkan jenis tempat hidupnya walaupun sama-sama di darat tapi dibedakan menjadi tiga yakni kucing piaraan rumah, kucing liar di pekarangan tanpa majikan, dan kucing hutan.

 Kucing Liar

Banyak orang yang hobi memelihara kucing baik karena mereka suka dengan keindahan warna bulu-bulunya maupun dengan tujuan agar tikus-tikus di rumah mereka jumlahnya dapat berkurang. Kucing yang jinak biasanya tidak mau mencuri makanan yang ada di meja makan, akan tetapi mayoritas sifat kucing itu walau sudah disayang oleh majikannya tetapi tetap saja jika majikannya pergi ya langsung mencuri makanan.

Mungkin karena sifat kucing ini sehingga ada kalimat " janganlah meniru disiplin kucing" yang mana hanya patuh jika ada majikannya.he he. Biasanya kalimat itu disampaikan oleh atasan kepada bawahan, orang tua kepada anaknya, atau guru kepada siswanya sebagia nasihat sekaligus sebagai peringatan.

Sobat Pembaca, kucing memiliki ciri-ciri khusus yang cukup unik. Misalnya ketika malam hari jika mata kucing terkena sinar lampu senter atau lampu sepeda motor maka mata kucing ini terlihat menyala juga. Adapun untuk lebih mengenal tentang kucing, simak ciri-cirinya sebagai berikut :

1. Memiliki mata yang tajam
Mata/penglihatan kucing yang tajam berfungsi untuk mencari mangsa pada malam hari. Seperti yang terlihat pada gambar kucing dan 2 anaknya di bawah ini, mereka keluar malam untuk mencari makanan/mangsa. Mata kucing lain daripada mata hewan pada umumnya, di mana mata kucing akan terlihat menyala ketika terkena sinar senter dan sejenisnya.

penglihatan kucing yang tajam

Fungsi Ciri Khusus Kucing- Mata Kucing Menyala Ketika Terkena Sinar

Kenapa mata kucing bersinar pada malam hari?

Mata kucing menyala dalam gelap- Kucing dapat melihat dalam cahaya yang amat terang. Mereka memiliki Selaput pelangi atau iris membentuk celah pada mata yang akan menyempit. Meskipun demikian, penyempitan ini juga mengurangi bidang pandang kucing. Suatu organ yang disebut tapetum lucidum digunakan dalam lingkungan dengan sedikit cahaya. Organ inilah yang menyebabkan warna-warni mata kucing ketika difoto dengan menggunakan blitz. Seperti kebanyakan predator, kedua mata kucing menghadap ke depan, menghasilkan persepsi jarak dan mengurangi besarnya bidang pandang. Mata kucing memiliki persepsi trikomatik yang lemah.

Ketika cahaya yang ada terlalu sedikit untuk melihat, kucing akan menggunakan "kumis" atau misainya (vibrissae) untuk membantunya menentukan arah dan menjadi alat indera tambahan. Misai dapat mendeteksi perubahan angin yang amat kecil, membuat kucing dapat mengetahui adanya benda-benda di sekitarnya tanpa melihat. Kumis ini juga dapat digunakan oleh kucing untuk menentukan apakah badannya dapat melewati ruangan yang sempit (seperti pipa), karena jarak antara kedua ujung kumis kucing hampir sama dengan lebar tubuhnya. ( Sumber: Wikipedia )


Selain mata kucing bisa terlihat bersinar pada malam hari, ada juga mata kucing yang bersinar walaupun di siang hari, hal ini juga bisa sebagai salah satu ciri dari kucing clutak ( kucing yang suka mencuri ).
Mata kucing cluatk liar bersinar walau di siang hari

2. Memiliki misai 
Misai kucing  berfungsi untuk menentukan arah saat berjalan di ruang yang gelap maupun di tengah kegelapan malam.

3. Memiliki bantalan halus di telapak kakinya
Bantalan halus di telapak kaki kucing  berfungsi untuk memperkecil suara langkah kakinya dalam berjalan sehingga musuh/mangsanya tidak mendengar atau mengetahui kedatangan kucing.

4. Bola mata yang mengecil dan membesar
Bola mata kucing yang bisa mengecil dan membesar berfungsi untuk mengatur cahaya yang masuk.

5. Alat keseimbangan pada telinga 
Alat keseimbangan pada telinga kucing berfungsi untuk mengatur keseimbangan pendengarannya sehingga jika kucing jatuh tetap dalam keadaan berdiri.

6. Tidur membungkuk 
Kucing tidurnya membungkuk dengan tujuan agar tubuh tetap hangat

Demikian ciri khusus kucing dan fungsinya. Semoga bermanfaat.
 
Back To Top