Ilmu Pengetahuan Alam

IPA SD/SMP/SMA/Umum. www.ilmupengetahuanalam.com

10/06/2016

Bentuk Luar Tubuh Berbagai Jenis Hewan dan Fungsinya

Bentuk Luar Tubuh Hewan dan Fungsinya- Sahabat pembaca blog Ilmupengetahuanalam.com, bentuk luar tubuh hewan yang satu dengan lainnya memiliki perbedaan walaupun ada sebagian yang sama. Sebagai contoh, pada dasarnya bagian luar tubuh kucing, kerbau, sapi, anjing, kuda, gajah, jerapah, unta terdiri dari bagian-bagian utama tubuh yang sama yakni kepala, tubuh, kaki, dan ekor. Namun bentuk luar tubuh beberapa hewan tersebut tentunya memiliki ciri khusus dan fungsi yang berbeda-beda. Selain bagian-bagian yang utama tersebut, ada juga bagian pengiring atau sub bagian misalnya sub bagian kaki kucing adalah bahwa kucing memiliki kuku yang tajam, sub bagian dari kepala kucing misalnya kucing memiliki mata penglihatan yang tajam.

Bentuk Luar Tubuh Berbagai Kelompok Hewan
,
1. Bentuk Luar Tubuh Bangsa Burung 
Hewan bangsa burung terbagi menjadi 9 kelompok:
  • kelompok burung merpati (colombiformes ) misalnya : burung deruk, perkutut, puter, dara, dll
  • kelompok burung buas ( rapaces ), contohnya: burung elang, hantu, rajawali, falcon, pitohui, burung pemakan bangkai, camar, ifrita kowaldi, dll
  • kelompok bangsa ayam ( rosares ), contohnya: ayam
  • kelompok burung berenang ( natatares ), contohnya: bebek/itik, angsa
  • kelompok burung berjalan ( ratites ), contohnya: burung kasuari, burung unta
  • kelompok burung memanjat/pemanjat ( scansores ), contohnya: burung kakaktua, betet
  • kelompok burung mengarung/pengarung ( grallacares ), cntohnya: bangau, kuntul, burung pengarung
  • kelompok burung pelancong ( coraciiformes ), contohnya: burung rangkong, kolibri
  • kelompok burung berkicau /menyanyi ( oscines ), contohnya:  cucak rawa, cucak jenggot, beo, kacer, murai batu, ledekan/tledekan gunung, cucak ijo, jalak, ketilang, cendet, dll
Bagian bentuk luar utama tubuh burung terdiri atas kepala, badan, dan kaki.

a. Bagian kepala bangsa burung
Pada bagian kepala bangsa burung terdapat mata, lubang hidung, lubang telinga dan paruh. Diatas kepada ayam terdapat jengger. Paruh gunanya untuk mematuk makanan. Bentuk paruh berbeda-beda tergantung dari makanannya.
b. Bagian badan bangsa burung
  • bulu- pada tubuh burung terdapat atau tumbuh bulu yang berfungsi untuk menghangatkan tubuh
  • sayap-sayap berfungsi untuk terbang. Namun tidak semua bangsa burung bisa terbang. Contoh burung yang tidak dapat terbang yakni burung kasuari, burung onta, dan pinguin.
c. Bagian kaki burung
Kaki burung berguna untuk hinggap dan berjalan. Bentuk kaki burung berbeda-beda. Misalnya ada kaki burung pemanjat, perenang, pejalan, dan sebagainya.

2. Bagian-Bagian Utama Bentuk Luar Tubuh Sapi
Sapi mempunyai bagian tubuh khusus yaitu rambut, puting susu dan tanduk. Rambut sapi menyelimuti tubuh. Puting susu sapi betina berguna untuk menyusui anaknya. Sapi memiliki tanduk yang keras, yang berguna untuk melindungi dari musuh. Suara sapi adalah melenguh. Sapi menghasilkan susu dan daging. Selain itu ada juga sapi yang diambil tenaganya. Kotoran sapi dapat dimanfaatkan untuk pupuk dan juga sebagai bahan untuk mebuat biogas.

3. Bagian-Bagian Utama  Bentuk Luar Tubuh Gajah
Tubuh gajah sangat besar. Gajah memiliki dua telinga yang sangat lebar. Kaki gajah sangat besar. Gajah mempunyai bagian tubuh khusus yaitu belalai dan gading. Belalai adalah hidung gajah yang sangat panjang.
Belalai gajah terdapat di atas mulut. Belalai ini berguna untuk memasukkan makanan ke mulut. Belalai gajah juga untuk menyemprotkan air ke tubuh. Gading adalah gigi gajah yang panjang seperti pipa. Gading berguna untuk melindungi diri saat diserang musuh.

4. Bagian-Bagian Utama bentuk Luar Tubuh Ikan

Bentuk Luar Tubuh Berbagai Jenis Hewan dan Fungsinya

Ikan adalah hewan yang hidupnya di air. Ikan tidak memiliki kaki. Ikan memiliki sirip, sisik dan ekor. Sirip digunakan untuk berenang. Sisik digunakan untuk melindungi tubuhnya. Ekor digunakan untuk berbelok arah saat berenang. Ikan bernafas dengan insang.

5. Bagian-Bagian Utama  Bentuk Luar Tubuh Ular
Bentuk tubuh ular adalah bulat panjang seperti tali. Kulit ular bersisik licin. Ular tidak memiliki kaki, dan bergerak dengan otot perut. Ular ada yang memiliki bisa atau racun. Ketika menggigit mangsa, bisa ular dapat masuk ke tubuh mangsanya.

6. Bagian-Bagian Utama  Bentuk Luar Tubuh Serangga
Hewan yang termasuk bangsa serangga adalah belalang, kupu-kupu, lalat dan lebah. Semua serangga berkaki enam. Ada serangga yang memiliki sayap. Sayap gunanya untuk terbang. Ada juga serangga yang tidak memiliki sayap misalnya semut. Di kepalanya terdapat sungut yang disebut antena. Antena berguna untuk alat peraga. Kupu-kupu dan lebah makanannya nektar. Nektar diperoleh dari bunga. Nektar adalah cairan manis untuk membuat madu.

Sahabat pembaca/adik-adik kelas 6, para guru, dan orang tua/wali siswa kelas 6, artikel ini merupakan  Rangkuman/Ringkasan Materi Ujian Sekolah ( US ) Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) SD/MI Kelas 6 Tahun Pelajaran 2015/2016 yang sesuai dengan kisi-kisi US IPA SD tahun 2016 :
  • bab: Makhluk Hidup dan Lingkungannya
  • materi: Ciri Makhluk Hidup dan Penggolongan Hewan
  • 1.2 ( Indikator 2 ) : Menjelaskan fungsi bentuk luar tubuh hewan yang merupakan ciri khusus dari hewan tersebut.
Untuk lebih mengenal tentang bentuk luar tubuh hewan dan fungsinya silakan baca artikel-artikel sebagai berikut :
Demikian tentang Bentuk Luar Tubuh Berbagai Hewan dan Fungsinya. Semoga bermanfaat

 
Back To Top