Ilmu Pengetahuan Alam

IPA SD/SMP/SMA/Umum. www.ilmupengetahuanalam.com

11/28/2015

Ciri Khusus Ular Uwi dan Manfaatnya

Ciri Khusus Ular Uwi dan Manfaatnya- Ular uwi adalah ular pemakan tikus yang suka hidup di rumah. Selain sering dijumpai di rumah, ular ini juga sering muncul di pekarangan. Lurik tubuh ular uwi sangat mirip dengan ular jali. Namun ular uwi tidak bisa berjalan/berlari dengan cepat secepat ular jali. Warna lurik ular uwi terdiri atas dua warna yakni warna pelet hitam dan kuning kecoklatan. Panjang ular uwi dewasa pada umumnya lebih dari 1 meter dengan diameter 5-8 cm. Bisa ular uwi tergolong tidak begitu membahayakan jika seseorang digiit dan terkena bisa ular uwi ini.

Ciri Khusus Ular Uwi dan Manfaatnya

Ular uwi adalah pemakan tikus, shingga sangat bermanfaat untuk memusnahkan tikus, khususnya tikus rumah. Pada umumnya ular ini tidak ditakuti oleh orang. Jadi jika seseorang melihat ular ini, umumnya tidak ingin membunuhnya.

Saat ini, khususnya di Kabupaten Kebumen, ular uwi tidak mudah ditemukan atau hampir punah. Pada tahun 80 dan 90-an ular uwi masih sangat sering dijumpai di rumah warga karena pada umumnya dulu rumah warga seketan ruangannya masih terbuat dari gedek/tabag bambu sehingga memudahkan ular untuk keluar masuk rumah bahkan merambat naik ke atap rumah.

Demikian tentang Ciri Khusus Ular Uwi dan Manfaatnya. Semoga menabah pengetahuan Anda.

 
Back To Top