Ilmu Pengetahuan Alam

IPA SD/SMP/SMA/Umum. www.ilmupengetahuanalam.com

11/28/2015

Ciri Khusus Kupu-Kupu dan Fungsinya; Berbagai Jenis Kupu-Kupu beserta Foto/Gambarnya

Ciri Khusus Kupu-Kupu dan Fungsinya; Berbagai Jenis Kupu-Kupu beserta Foto/Gambarnya- Sahabat Ilmupengetahuanalam.com, kupu-kupu yang ada di sekitar kita sangat banyak jenisnya. Bentuk, ukuran tubuh, warna sayap kupu-kupu juga berbeda-beda, namun pada umumnya sayap kupu-kupu itu indah dipandang. Menurut wikipedia, Kupu-kupu dan ngengat (rama-rama) merupakan serangga yang tergolong ke dalam ordo Lepidoptera, atau 'serangga bersayap sisik' (lepis, sisik dan pteron, sayap).
Secara sederhana, kupu-kupu dibedakan dari ngengat alias kupu-kupu malam berdasarkan waktu aktifnya dan ciri-ciri fisiknya. Kupu-kupu umumnya aktif di waktu siang (diurnal), sedangkan ngengat kebanyakan aktif di waktu malam (nocturnal). Kupu-kupu beristirahat atau hinggap dengan menegakkan sayapnya, ngengat hinggap dengan membentangkan sayapnya. Kupu-kupu biasanya memiliki warna yang indah cemerlang, ngengat cenderung gelap, kusam atau kelabu. Meski demikian, perbedaan-perbedaan ini selalu ada perkecualiannya, sehingga secara ilmiah tidak dapat dijadikan pegangan yang pasti. (van Mastrigt dan Rosariyanto, 2005).

Kupu-kupu dan ngengat amat banyak jenisnya, di Pulau Jawa dan Pulau Bali saja tercatat lebih dari 600 spesies kupu-kupu. Jenis ngengatnya sejauh ini belum pernah dibuatkan daftar lengkapnya, akan tetapi diduga ada ratusan jenis (Whitten dkk., 1999). Kupu-kupu pun menjadi salah satu dari sedikit jenis serangga yang tidak berbahaya bagi manusia.( Wikipedia tentang Kupu-Kupu )

A. Ciri Khusus Kupu-Kupu dan Fungsinya
  1. Warna tubuh dan sayap kupu-kupu berwarna-warni yang berfungsi untuk mengelabui musuhnya
  2. Memiliki sepasang ( dua sayap ) yang lentur yang berfungsi untuk memudahkan kupu-kupu sewaktu terbang
  3. Memiliki mulut berbentuk seperti terompet yang berfungsi memudahkan kupu-kupu saat menghisap madu atau membantu penyerbukan tanaman
  4. Memiliki telapak kaki yang halus sehingga bunga yang dihinggapinya tidak rusak

B. Berbagai Jenis Kupu-Kupu lengkap dengan Foto atau Gambarnya

Karena begitu banyaknya jenis kupu-kupu sehingga masih ada kupu-kupu yang belum diketahui namanya. Di bawah ini adalah kumpulan berbagai jenis kupu-kupu yang saya jepret/foto langsung saat saya menemukan kupu-kupu :

1. Kupu-kupu sayap warna hitam dan putih

Kupu-kupu sayap warna hitam dan putih

2. Kupu-kupu sayap coklat dan sayapnya mirip bulu ulat

Kupu-kupu sayap coklat dan sayapnya mirip bulu ulat

3. Kupu-kupu bersayap hitam dengan pelet warna putih dan kuning

Kupu-kupu bersayap hitam dengan pelet warna putih dan kuning

4. Kupu-kupu bersayap hitam dan kuning

Kupu-kupu bersayap hitam dan kuning

Baca juga Ulat Bulu dan Kupu-Kupu Merugikan atau Menguntungkan Manusia

Demikian tentang Ciri Khusus Kupu-Kupu dan Fungsinya; Berbagai Jenis Kupu-Kupu beserta Foto/Gambarnya. Semoga bermanfaat

 
Back To Top