Ilmu Pengetahuan Alam

IPA SD/SMP/SMA/Umum. www.ilmupengetahuanalam.com

6/13/2016

Mengenal Ciri-Ciri Daun Afrika Vernonia Amygdalina dan Manfaatnya

Ilmupengetahuanalam.com- Mengenal Ciri-Ciri Daun Afrika Vernonia Amygdalina dan Manfaatnya- Daun Afrika memiliki berbagai nama lain ataupun nama latin seperti: daun afrika selatan, daun pokok bismillah, vernonia amygdalina, pokok ketum cina, south afrika, daun south afrika selatan. Tumbuhan ini sudah banyak dibudidayakan di Indonesia. Seperti foto-foto yang ada di halaman ini juga foto asli tumbuhan afrika yang saya ambil secara langsung.
Tumbuhan yang banyak khasiatnya bagi kesehatan ini memiliki ciri-ciri yang antara lain sebagai berikut :

1. Daun afrika berwarna hijau tua dan rasanya pahit


vernonia amygdalina
Daun Afrika/Vernonia Amygdalina

Warna daun afrika yaitu hijau tua, daun yang masih muda pun berwarna hijau tua, jadi hanya ada perbedaan sedikit antara warna daun tua dengan daun yang masih muda. Daun afrika bertulang daun menyirip. Daun afrika langsung tumbuh/menempel pada batang tanaman obat ini. Daun afrika rasanya pahit.

2. Batang tanaman "daun afrika" 


Daun Afrika Vernonia Amygdalina
Batang dan Daun  Tanaman Vernonia Amygdalina

Batang/kulit batang afrika berkayu dan berwarna hijau tua ( sama dengan warna daunnya ) jika masih muda, sedangkan kulit batang yang sudah tua berwarna abu-abu keputihan. Lapisan kulitnya ada beberapa bercak seperti bercak pada kulit batang tumbuhan pace/mengkudu.

Cara menanam tumbuhan "daun afrika"


Vernonia Amygdalina

Cara menanam vernonia amygdalina cukup mudah yakni dengan cara stek batang. Jika ditanam di pot pun tumbuhan ini bisa tumbuh dengan subur.

Khasiat daun afrika/pokok bismillah/vernonia amygdalina

Daun afrika memiliki banyak manfaat bagi kesehatan/pengobaan penyakit seperti menyembuhkan penyakit diabetes, darah tinggi, stroke, batuk, kencing manis, mual, dan sebagainya. Daun afrika juga bisa sebagai anti oksidan dan menambah nafsu makan. Cara pengobatan suatu penyakit dengan daun afrika sangat lah mudah, antara lain dengan cara memakan daun afrika yang masih mentah/sebagai lalaban, bisa juga dengan cara merebusnya kemudian diminum.
Di mana kita dapat menemukan tanaman obat "daun afrika" atau ada juga yang menyebutnya bayam afrika ?

Di Indonesia cukup mudah menemukan tanaman ini, bahkan sudah banyak yang membudidayakannya. Bagi Anda yang berdomisili di Kebumen dan sekitarnya dan jika Anda membutuhkan daun afrika atau ingin membibitnya, Anda bisa mendapatkannya secara gratis di tempat adik saya, tepatnya di Desa Sidoharum, Kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Demikian tentang Ciri-Ciri Daun Afrika/Vernonia Amygdalina dan Khasiatnya. Semoga bermanfaat
 
Back To Top