Ilmu Pengetahuan Alam

IPA SD/SMP/SMA/Umum. www.ilmupengetahuanalam.com

8/04/2015

Ciri Khusus Walang Sangit dan Fungsinya

Ilmupengetahuan.com- Ciri Khusus Walang Sangit dan Fungsinya-Walang sangit /belalang sangit (Leptocorisa oratorius Fabricius, (Hemiptera:Alydidae); syn. Leptocorisa acuta) adalah serangga yang menjadi hama penting pada tanaman budidaya, terutama tanaman padi. Di Indonesia, serangga ini disebut: kungkang (Jawa Barat), pianggang (Sumatera), dan tenang (Madura). Hewan ini mudah dikenali dari bentuknya yang memanjang, berukuran sekitar 2 cm, berwarna coklat kelabu jika sudah tua/dewasa dan berwarna hijau jika masih muda atau belum memiliki sayap, dan memiliki "belalai" (proboscis) untuk menghisap cairan tumbuhan. Walang sangit adalah anggota ordo Hemiptera (bangsa kepik sejati).

Ciri Khusus Walang Sangit dan Fungsinya







Walang Sangit Dewasa/Tua


Hama walang sangit
Walang Sangit Muda  Berwarna Hijau dan Belum Memmiliki Sayap

Walang sangit memiliki 6 kaki yang terdiri 2 kaki belakang ( kanan dan kiri ) yang ukurannya lebih besar daripada kaki 2 kaki tengahnya dan 2 kaki yang ada di bagain perut/dada depan. 

Walang sangit menghisap cairan tanaman dari tangkai bunga (paniculae) dan juga cairan buah padi yang masih pada tahap masak susu sehingga menyebabkan tanaman kekurangan hara dan menguning (klorosis), dan perlahan-lahan melemah.

Ciri Khusus Walang Sangit dan Fungsinya

Nama hewan ini menunjukkan bentuk pertahanan dirinya, yaitu mengeluarkan aroma yang menyengat hidung (sehingga dinamakan "sangit"). Sebenarnya tidak hanya walang sangit yang mengeluarkan aroma ini, tetapi juga banyak anggota Alydidae lainnya. Fungsi ciri khusus ini adalah untuk melindungi diri dari serangan musuh.

Hama tanaman padi

Walang sangit sangat berbahaya bagi kesehatan tanaman, khususnya tanaman padi. Jika tanaman padi diserang oleh hama walang sangit, maka daun tanaman padi akan mengering sehingga hasil panen menjadi kurang baik. Coba lihat gambar foto di bawah ini, pada 1 tangkai padi saja terlihat beberapa walang sangit yang menyerangnya, akibatnya daun tanaman padi menjadi kering. Akibatnya proses fotosintesis terganggu sehingga padi pun bisa menjadi tanpa isi/gabug.

Walang sangit
Walang Sangit

Demikian Ciri Khusus Walang Sangit dan Fungsinya.
 
Back To Top