Ilmu Pengetahuan Alam

IPA SD/SMP/SMA/Umum. www.ilmupengetahuanalam.com

6/13/2016

Pernahkah Anda Melihat Hewan Cangkang Emas Seperti Ini?; Ciri Khusus Hewan Unik Mas-masan

Ilmupengetahuanalam.comCiri Khusus Hewan Unik Mas-masan- Sahabat pembaca, pernahkah sobat melihat hewan mas-masan?, mungkin bagi sobat yang berdomisili di desa sudah tidak asing lagi dengan hewan yang mirip kepik ini. Mas-masan adalah termasuk hewan serangga, hewan unik ini memiliki cangkang yang cukup keras ( jika sudah dewasa ). Tubuhnya berwarna emas, begitu juga penutup tubuhnya ( cangkang ) bagian tengahnya berwarna emas juga. Bagian tepi cangkangnya bening transparan.
Warna penutup tubuhnya bermacam-macam, ada yang warna emas kekuningan ( warna dominan kuning emas ), ada yang warna emas kemerahan ( warna dominan merah emas ), ada lagi mas-masan susu karena warna cangkangnya berwarna putih susu. Di Jawa Tengah, khususnya di daerah Kabupaten Kebumen, yang sering ditemui adalah mas-masan dengan jenis 3 warna cangkang tersebut. Setelah saya mencari di mbah Google ternyata ada juga mas-masan yang cangkangnya berwarna hijau dan sebagainya.

Mas-masan
Mas-masan Jantan

hewan unik mas masan
Mas-masan Betina

Hewan unik ini memeiliki 6 kaki. Mas-masan juga memiliki dua ntena di kepalanya. Yang lebih unik lagi, cangkang emas tersebut juga berfungsi sebagai sayap. Sayap mas-masan ada 1 pasang ( dua sayap ). Mas-masan cukup lama dalam persiapan terbangnya. Terbang mas-masan tidak dapat langsung jauh, biasanya jarak jangkauan terbang hewan yang langka ini sekitar 2 meter.

Mas-masan dewasa memiliki panjang tubuh 12 mm /1,2 cm dan lebarnya 10 mm/1 cm ( ukuran ini jika diukur berikut cangkangnya ). Bagi Anda yang belum pernah melihat hewan yang hampir punah ini, silakan baca artikel ini sampai selesai karena di halan ini juga saya upload foto/gambar dan videonya.

Di mana tempat hidup mas-masan ?

Mas-masan dapat dengan mudah ditemukan di pohon nggaongan. Pohon nggaongan adalah pohon yang sering dijumpai di sawah, ladang, tepi sungai, tepi saluran irigasi. Daun nggaongan mirip dengan daun kangkung, ada juga yang menyebutnya tanaman liar kangkung darat. Bedanya, pohon nggaungan memiliki batang yang berkayu. Bunga nggaungan juga sama dengan bunga kangkung yakni berbentuk seperti corong.

Tumbuhan Nggaongan
Pohon Nggaongan

Sejak kecil saya suka banget dengan binatang yang unik ini. Di mana dulu saya sering mencari mas-masan di area persawahan/pematang sawah. Semua teman-temanku juga suka dengan hewan ini. Sebenarnya hewan unik dan lucu ini saat sekarang ( Tahun 2015 ) masih dapat ditemukan dengan mudah yakni di pohon nggaongan. Akan tetapi mungkin anak-anak zaman sekarang kurang begitu memerhatikannya. Terbukti keponakan-keponakan saya yang masih duuduk di bangku SD, ketika saya membawa mas-masan, mereka bertanya kepada saya tentang nama binatang unik mas-masan.

Fungsi ciri khusus mas-masan
Hewan Unik Mas-masan
Mas-masan Jantan dan Betina

Sahabat pembaca, sebenarnya ini belum bisa jadi referensi yang sempurna. Karena pengamatan yang saya lakukan hanya mendapatkan kesimpulan dari faktor kebiasaan/pengadatan binatang lain jika sedang melakukan proses perkawinan. Di mana pada umumnya binatang jantan berada di atas, sedangkan yang betina ada di bawah. Nah dengan hanya dasar itu lah saya beranggapan bahwa ciri khusus mas-masan adalah memiliki warna cangkang berwarna emas. Untuk yang jantan berwarna kuning emas, sedangkan yang betina warnanya merah keemasan. Fungsi ciri khusus ini adalah untuk mengenali jenis kelamin lawan jenisnya. Lewat tulisan ini, saya harap bagi Anda yang mengetahui referensi tentang hal ini, tolong lengkapi artikel ini lewat komentar di kolom komentar halaman blog ini.

Sahabat pembaca, untuk lebih jelasnya tentang penampakkan mas-masan, silakan saksikan Video Hewan Mas-masan di bawah ini :



Demikian tentang Fungsi Ciri Khusu Mas-masan. Semoga bermanfaat

 
Back To Top