Ilmu Pengetahuan Alam

IPA SD/SMP/SMA/Umum. www.ilmupengetahuanalam.com

8/08/2015

Ciri Khusus Cicak dan Fungsinya

Ilmupengetahuanalam.com- Ciri Khusus Cicak dan Fungsinya- Menurut Wikipedia, Cecak atau cicak adalah hewan reptil yang biasa merayap di dinding atau pohon. Cecak berwarna abu-abu, tetapi ada pula yang berwarna coklat kehitam-hitaman. Cecak biasanya berukuran sekitar 10 cm. Cecak bersama dengan tokek dan sebangsanya tergolong ke dalam suku Gekkonidae.
Orang Jawa menyebut reptil ini dengan nama cecek. Jenis reptil yang cukup menjijikkan ini biasa hidup di rumah ataupun di pekarangan. Ada berbagai jenis cicak sebagai berikut :

1. Cecak tembok/dinding (Latin Cosymbotus platyurus). Cicak jenis ini sangat mudah ditemui di dinding  rumah atau sela-sela atap. Cecak ini bertubuh pipih lebar, berekor lebar dengan jumbai-jumbai halus di tepinya. Warna cicak dinding adalah abu-abu sehingga lebih kelihatan bersih daripada cicak kayu/pohon yang warnanya coklat kehitaman.Di sisi bawah cicak ada lipatan kulit agak lebar yang letaknya di sisi perut dan di belakang kaki.

Fungsi Ciri Khusus Cicak
Cicak

2. Cecak kayu (Hemidactylus frenatus), yang bertubuh lebih kurus.Cicak kayu juga sering disebut cicak pohon.  Ekornya bulat, dengan enam deret tonjolan kulit serupa duri, yang memanjang dari pangkal ke ujung ekor. Cecak kayu lebih menyukai tinggal di pohon-pohon di halaman rumah, atau di bagian rumah yang berkayu seperti di atap. Terkadang didapati bersama cecak tembok di dinding luar rumah dekat lampu, namun umumnya kalah bersaing dalam memperoleh makanan.

Cicak pohon ada dua jenis yakni cicak biasa dan cicak terbang/cleret gombel/cekibar. Silakan baca Ciri Khusus Cicak Terbang

3. Cecak gula (Gehyra mutilata)/Cicak Gula, bertubuh lebih kecil, dengan kepala membulat dan warna kulit transparan serupa daging. Cecak ini kerap ditemui di sekitar dapur, kamar mandi dan lemari makan, mencari butir-butir nasi atau gula yang menjadi kesukaannya. Sering pula ditemukan tenggelam di gelas kopi kita. Antara cicak dinding dan cicak gula sangat sulit dibedakan mana yang cicak gula dan mana yang cicak dinding

Jenis Cicak
Cicak/Cecak Gula

4. Cecak batu (Cyrtodactylus marmoratus).

Ciri Khusus Cicak dan Fungsinya

1. Cicak memiliki telapak kaki yang lengket berfungsi memudahkan cicak merayap di dinding atau memanjat pohon.

2. Cicak dapat memutuskan ekornya/autotomi. Autotomi adalah teknik bertahan hidup dengan cara mengorbankan salah satu bagian tubuhnya . Cicak jika merasa terancam keselamtannya maka cicak memutuskan ekornya sendiri. Fungsi autotomi pada cicak adalah untuk melindungi diri dari serangan musuh atau untuk mengelabui musuhnya. Ekor yang putus akan melakukan gerakan-gerakan yang cukup menarik perhatian sehingga perhatian pemangsa akan fokus ke ekor yang putus tersebut, sehingga cicak pun bisa melarikan diri dengan lebih leluasa.

Autotomi
Autotomi Cicak via Dirgandini

Tingkah laku cicak
Cicak sering membuang kotorannya di sembarang tempat, bahkan sering terjadi kotoran cicak jatuh mengenai kepala atau badan kita. Saat cicak akan mengeluarkan kotorannya, cicak ini mengangkat ekornya/nungging setinggi kurang lebih 2 cm dari tempat pijakannya. Perlu Anda saksikan cara cicak menangkap mangsanya, silakan saksikan Video Cicak Menangkap Kupu-Kupu.

Cicak Mengeluarkan Kotoran
Cicak Nungging

Demikian tentang Ciri Khusus Cicak dan Fungsinya. Semoga bermanfaat


 
Back To Top