Ilmu Pengetahuan Alam

IPA SD/SMP/SMA/Umum. www.ilmupengetahuanalam.com

8/08/2015

Video Cicak-Cicak di Dinding Diam-Diam Merayap untuk Menangkap Mangsanya

Ilmupengetahuanalam.comVideo Cicak-Cicak di Dinding Diam-Diam Merayap untuk Menangkap Mangsanya- Cecak atau cicak adalah hewan reptil yang biasa merayap di dinding atau pohon. Cecak berwarna abu-abu ( cicak yang berwarna abu-abu biasanya adalah cicak rumah ), tetapi ada pula yang berwarna coklat kehitam-hitaman yakni cicak pohon. Cecak biasanya berukuran sekitar 10 centimeter. Cecak bersama dengan tokek dan sebangsanya tergolong ke dalam suku Gekkonidae.

Cecak tembok (Latin Cosymbotus platyurus), yang sering  ditemui di tembok-tembok/dinding rumah dan sela-sela atap. Cecak ini bertubuh pipih lebar, berekor lebar dengan jumbai-jumbai halus di tepinya. Bila diamati di tangan, dari sisi bawah akan terlihat adanya lipatan kulit agak lebar di sisi perut dan di belakang kaki.

Cecak biasa memakan serangga dan terutama nyamuk. Karena cicak seringnya mendapat mangsa berupa nyamuk, maka dalam lirik lagu cicak-cicak di dinding pun lanjutannya diam-diam merayap, datang seekor nyamuk lalu ditangkap. Akan tetapi kali ini saya berbaginya tentang proses cicak dalam menangkap kupu-kupu.

Video Cicak-Cicak di Dinding Diam-Diam Merayap untuk Menangkap Serangga Kupu-Kupu
Cicak Menangkap Kupu-Kupu

Bunyi khas cicak yakni cak..cak..cak, mungkin karena bnyi tersebut maka hewan reptil ini disebut cecak/cicak.

Cara cicak menangkap mangsanya

Cicak sangat lincah dalam menangkap mangsanya. Cicak sangat berhati-hati dalam melakukan persiapan menangkap mangsa jika di lingkungannya dirasa ada mangsa yang sudah cukup dekat jaraknya dengan dirinya.

Ketika ada mangsa yang ada di hadapannya, cicak langsung bergegas dan mengejarnya. Akan tetapi jika jarak mangsa sudah cukup dekat ( sekitar 20 cm ), cicak berhenti sejenak ( sekitar 5 detik ) dalam pengintaiannya itu. Hal ini dilakukan oleh cicak dengan tujuan agar mangsanya langsung dapat tertangkap.

Pada video cicak mengejar kupu-kupu seri yang ke-1 di bawah ini, dalam proses melangkah mengejar kupu dayoh, si cicak sering mengeluarkan bunyi cak, cak, cak. Mungkin hal itu dilakukan dengan maksud menakuti mangsanya.

Cicak di Dinding Menangkap Mangsa

Seperti tayangan video di atas, yang baru kita saksikan, bahwa usaha cicak sementara gagal walaupun tadi kupu dayohnya sudah sempat tersenggol oleh cicak. Yaah, kupu dayoh tersebut kabur dengan selamat. Karena kupu masih belum tertangkap, cicak pun diam-diam terus merayap di dinding untuk melakukan pengintaian. Setelah kupu dayoh tersebut dekat, cicak pun ahirnya berusaha untuk mengejarnya lagi seperti yang terlihat pada video cicak menangkap kupu dayoh seri ke-2 di bawah ini, silakan saksikan :
Cicak Cicak di Dinding Menagkap Mangsa 

Pada video cicak mengejar kupu-kupu seri ke-2 di atas, cicak juga belum berhasil menangkap mangsanya itu, walaupun usahanya terlihat lebih maksimal dan berhati-hati daripada usaha yang dilakukanny pada seri ke-1. Nah, untuk yang ketiga kalinya cicak akhirnya berhasil menangkap kupu-kupu. Saksikan video cicak berhasil menangkap mangsanya:

Video YouTube Cicak Menangkap Kupu-Kupu


Dalam video di atas, cicak sangat merasa senang karena berhasil menangkap mangsanya, dalam hal ini mangsa yang berupa kupu dayoh. Setelah kupu-kupu ditangkapnya, kemudian cicak lari merayap dengan cepatnya untuk bersembunyi dan menikmati/memakan mangsanya itu. Cicak tersebut bersembunyi di belakang almari sehingga saya tidak bisa merekam videonya, akan tetapi saya masih bisa mendengarkan suara sayap kupu-kupu yang masih berusaha untuk melepaskan diri dari gigitan cicak. Selain agar dalam menikmati kupu-kupu lebih nikmat, cicak ini bersembunyi karena takut teman-teman cicak ada yang merebutnya.

Sumber bacaan : Wikipedia

Baca juga Ciri Khusus Cicak Terbang/Cleret Gombel dan Fungsinya

 
Back To Top