Ilmu Pengetahuan Alam

IPA SD/SMP/SMA/Umum. www.ilmupengetahuanalam.com

9/05/2016

Fungsi Ciri Khusus Kelelawar

Ciri Khusus Kelelawar dan Fungsinya- Apa saja ciri khususus yang dimiliki oleh kelelawar yang terkenal dengan hewan malam ini?. Anda tentu tahu bahwa ada hewan mamalia yang bisa terbang?Hewan mamalia yang dapat terbang hanyalah kelelawar. Dengan kemampuan ekolokasi, kelelawar dapat terbang di malam yang gelap gulita. Apakah yang disebut ekolokasi? Ekolokasi adalah penggunaan gelombang suara/bunyi ( sonar ) untuk menentukan objek-objek yang ada di sekitarnya berdasarkan pantulan gelombang suara tersebut.

Kelelawar dalam mencari  mangsanya menggunakan kemampuan ekolokasi tersebut, yang mana gelombang suaranya dikeluarkan melalui mulut dan hidung. Saat gelombang suara mengenai benda maka gelombang tersebut akan memantul kembali ke kelelawar sehingga kelelawar dapat mengetahui lokasi, bentuk, dan ukuran suatu benda, dalam hal ini yakni mangsanya.

Ciri Khusus Kelelawar dan Fungsinya

Ada beberapa ciri khusus kelelawar, berikut beberapa fungsi khusus kelelawar dan fungsinya :
  1. Kelelawar mampu mengeluarkan dan menangkap Gelombang Ultrasonic. Gelombang ultrasonic adalah bunyi yang yang memiliki frekuensi sangat tinggi yakni di atas 20.000 Hertz. Selain kelelawar, anjing dan lumba-lumba juga dapat mendengar bunyi ultrasonic.Dengan kemampuan ekolokasi ( kemampuan menggunakan gelombang bunyi/sonar ) kelelawar dapat mendeteksi keadaan sekitarnya. Fungsi ciri khusus ini adalah memudahkan kelelawar dalam mencari makanan atau menangkap mangsanya.
  2. Kelelawar termasuk hewan mamalia yang dapat terbang. Fungsinya memudahkan kelelawar mencari mangsanya
  3. Kelelawar memiliki indra pembau yang sangat tajam, fungsinya mengenali mangsanya dengan mudah dan cepat
  4. Kelelawar dapat tidur dengan posisi terbalik, fungsinya memudahkan kelelawar untuk memulai terbang
Demikian tentang Fungsi Ciri Khusus Kelelawar. Semoga bermanfaat.
 
Back To Top